free engine games ..

Diposting olehcoolliner on Rabu, 26 Juni 2013

Apakah Anda pernah bermimpi untuk menciptakan permainan 3D Anda sendiri secara gratis?
menciptakan permainan 3D adalah prosesus panjang dan rumit, Anda memerlukan pengetahuan perograming, moddeling dan teknik texturing, pengetahuan desain level . Mungkin Anda harus berbagi kompetensi dan pengetahuan dan mendistribusikan pekerjaan dengan beberapa teman-teman lain.
Akhirnya Anda harus menemukan alat yang tepat untuk membuat, mengelola, menguji dan mendistribusikan permainan Anda.
Ada banyak, banyak mesin permainan 3D komersial Wich dapat membantu Anda mencapai tujuan ini, beberapa yang tersedia dengan biaya reasonnable,

3D RAD 

3D Rad adalah alat pengembangan freeware yang digunakan untuk membuat game 3D, aplikasi 3D interaktif dan simulasi fisika berbasis Microsoft Windows XP/Vista/7. Bekerja dibuat dengan 3D Rad dapat disampaikan kepada pengguna akhir sebagai aplikasi yang berdiri sendiri atau applet berbasis web.
Khusus dirancang dengan seniman komputer grafis dan non-coders dalam pikiran, 3D Rad bertujuan untuk memberikan sederhana mengembangkan alur kerja mungkin, tanpa mengorbankan fleksibilitas. Editor didasarkan pada kumpulan komponen (disebut 'benda') yang dapat dikombinasikan dan dikonfigurasi untuk berinteraksi dengan berbagai cara. Tanpa menulis kode apapun, tujuan seperti membuka pintu ketika pendekatan karakter atau menghindari rintangan dengan mobil saat mengikuti trek balap dapat dengan mudah dicapai.

Homepage: http://www.3drad.com/
Jenis: 3D alat dev permainan
plateform: Windows
Tingkat yang diperlukan: Pemula
   

Aleph One
Aleph Salah satunya adalah kelanjutan open source Marathon 2 mesin permainan Bungie itu. Tersedia untuk Mac OS X, Windows, dan Linux, Aleph One mendukung Marathon 2 dan Marathon Infinity native, dan Marathon melalui konversi fan-made. Banyak skenario pihak ketiga dan peta net juga tersedia.
Ini sekarang menjadi permainan yang sangat tua, dan egine 3D sangat tua tapi masih memiliki komunitas penggemar yang besar!
Aleph One tersedia di bawah GNU General Public License (GPL).

Homepage: http://marathon.sourceforge.net/
Jenis: 3D alat dev permainan
plateform: Windows, MacOSX, Linux
Tingkat yang diperlukan: Pemula
   

Semangat 3D


Ardor3D adalah berbasis mesin permainan 3D scengraph, ditulis seluruhnya di Jawa dan menggunakan OpenGL untuk kinerja gaming yang tinggi dan visualisasi. Dia adalah berorientasi profesional, open source, Java mesin 3D berbasis. Sebuah alat untuk membuat game 3D real-time yang lebih baik dan simulasi. Ardor3D cepat diadopsi oleh beberapa perusahaan, studio game independen, dan lembaga pemerintah.

Homepage: http://ardor3d.com/
Jenis: 3D alat dev permainan
plateform: Cross-platform
Tingkat yang diperlukan: Pemula
   

 

Away3D
Away3D adalah mesin 3D real-time untuk Flash dalam ActionScript 3.0. Dimulai pada tahun 2007 oleh Alexander Zadorozhny dan Rob Bateman. Mesinnya Open Source di bawah lisensi Apache 2.0 dan bebas digunakan untuk tujuan apapun, juga proyek-proyek komersial. Away3D dapat digunakan untuk membuat model 3D dan melakukan berbagai perhitungan 3D lainnya, Impor / ekspor beberapa format populer, termasuk jerat animasi
Away3D juga satu-satunya Open Source perpustakaan 3D untuk Flash Player yang masih aktif dipelihara dan terus menambahkan dukungan untuk fitur baru dan Flash Pemain baru

Aplikasi pendamping Prefab3D
Ditulis dalam Adobe AIR, aplikasi ini pendamping menyediakan antarmuka visual untuk banyak fitur Away3D paling canggih seperti generator, tetapi juga menambahkan banyak trik untuk gudang anda seperti tweaker visual peta UV, jalur editing, optimasi dan pengecekan error model impor, ekspor ke beberapa format (termasuk AC3D) dan bahkan memiliki aa hidup koneksi ke file Flash Anda, sehingga Anda dapat mengekspor dan bermain dengan geometri yang dibuat saat runtime.

Homepage: http://away3d.org/
Jenis: 3D mesin nyala
plateform: Windows
Diperlukan tingkat: Menengah
   

Cafu
The Cafu Engine adalah semua tujuan, modern 3D mesin grafis dan permainan development kit, fitur yang lengkap untuk Anda mulai cepat.
Cafu tersedia untuk semua orang sebagai perangkat lunak bebas 100% di bawah GNU General Public License (GPLv3). Hal ini dapat digunakan untuk membuat berbagai aplikasi 3D, termasuk game, simulasi, dan pelatihan dan perangkat lunak arsitektur. Ditulis dalam C + +, alat-alat, perpustakaan dan kerangka telah dirancang untuk membuat pengembangan game baru dan aplikasi 3D lainnya mudah. Mereka secara aktif dan terus dikembangkan dalam rangka memberikan teknologi terbaru.
Cafu termasuk editor grafis, CaWE, yang berisi semua peralatan yang diperlukan untuk menciptakan tingkat baru: Editor Peta, GUI Editor, Font-Wizard, Bahan Browser dan Model Editor.

Homepage: http://www.cafu.de/
Jenis: 3D alat dev permainan
plateform: Windows, Linux
Diperlukan tingkat: Menengah
   

Cube 2 Sauerbraten
Cube 2 adalah Quake seperti permainan, tetapi mengintegrasikan authoring tool dalam game!
Permainan ini memiliki single-player dan multiplayer gameplay dan berisi dalam game editor tingkat, fitur utamanya. Mesin mendukung permainan ini sepenuhnya asli dalam kode & desain, dan kode adalah Open Source.
Editing tingkat belum pernah begitu menyenangkan: dengan menekan satu tombol memungkinkan Anda untuk memodifikasi geometri / tekstur / entitas dalam game, on the fly. Bahkan lebih baru, Anda dapat membuat peta bersama-sama dengan orang lain secara online, di unik "kandang sunting" mode. Ini menggunakan unik "6-directional heighfield deformable kubus octree" struktur dunia yang merupakan dasar untuk mengedit dalam game nya. Occlusion pemusnahan, pixel & vertex shader, lightmapping sangat akurat, sistem fisika kustom yang kuat, sistem jaringan, model, suara, script ...

Homepage: http://sauerbraten.sourceforge.net/
Jenis: Game Engine
plateform: Windows, Linux, Unix, Mac OS X
Tingkat yang diperlukan: Pemula
   

CryENGINE 3
CryEngine 3 sekarang gratis untuk penggunaan non-komersial. Memenangkan penghargaan SDK menyediakan mesin permainan lengkap untuk membuat kualitas game generasi berikutnya AAA untuk PC, dan termasuk CryENGINE ® 3 Sandbox ™ editor tingkat, produksi-terbukti, generasi ke-3 "Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda bermain" (WYSIWYP) - alat yang dirancang oleh dan untuk pengembang profesional. Gratis toolset yang tersedia untuk di-download di crydev.net.
Sebuah aplikasi mengesankan, salah satu yang terbaik jika bukan mesin grafis terbaik di pasar.

Homepage: http://www.crydev.net/
Jenis: 3D game engine & SDK
plateform: Windows
Diperlukan tingkat: Menengah
   

Delta3D
Delta3D adalah permainan open source secara luas digunakan dan baik-didukung dan mesin simulasi. Delta3D adalah mesin permainan penuh fitur yang sesuai untuk berbagai kegunaan termasuk pelatihan, pendidikan, visualisasi, dan hiburan. Delta3D adalah unik karena menawarkan fitur khusus cocok untuk Pemodelan dan Simulasi dan masyarakat DoD seperti High Level Architecture (HLA), Kajian Paska Pelaksanaan (AAR), dukungan daerah skala besar, dan SCORM Learning Management System (LMS) integrasi.
Delta3D adalah mesin Open Source yang dapat digunakan untuk game, simulasi, atau aplikasi grafis lainnya. Dengan desain modular mengintegrasikan proyek Open Source terkenal lainnya seperti Open Graph Scene, Buka Dinamika Mesin, Karakter Animasi Perpustakaan, dan OpenAL. Daripada mengubur modul yang mendasari, Delta3D mengintegrasikan mereka bersama-sama dalam sebuah mudah digunakan API - selalu memungkinkan akses ke komponen penting yang mendasari. Ini menyediakan API tingkat tinggi sementara masih memungkinkan pengguna akhir opsional, fungsi tingkat rendah.

Homepage: http://delta3d.org/
Jenis: 3D alat dev permainan
plateform: Windows, Mac OS X
Tingkat yang diperlukan: Pemula
   

DXStudio
DX Studio adalah sebuah lingkungan pengembangan terintegrasi yang lengkap untuk membuat grafik 3D interaktif. Sistem ini terdiri dari kedua mesin 3D yang 
 real-time dan seperangkat alat editing. Menggunakan DX Studio Anda dapat membangun aplikasi lengkap real-time interaktif, simulasi atau permainan, untuk digunakan standalone atau untuk embedding dalam Microsoft Office lainnya / aplikasi Visual Studio. DXStudio didistribusikan secara bebas tetapi Anda dapat meng-upgrade ke lisensi berikutnya yang lebih tinggi dengan hanya membayar selisih harga dari versi Anda saat ini ke versi baru. Misalnya jika yang $ 50,00 lebih untuk lisensi yang lebih tinggi berikutnya thats semua yang Anda bayar.

Homepage: http://www.dxstudio.com/
Jenis: 3D alat dev permainan
plateform: Windows
Tingkat yang diperlukan: Pemula
   

FIFE (Fleksibel isometrik Gratis Engine)
Fleksibel isometrik Gratis Mesin (FIFE) adalah open source, cross-platform game engine yang ditulis dalam C + + dengan Python scripting kemampuan. Hal ini berlisensi di bawah Lesser General Public License GNU (LGPL), yang memungkinkan membuat game komersial independen.
Terinspirasi oleh pandangan isometrik ditemukan di Fallout dan Fallout 2, itu tetap dapat digunakan untuk membuat hampir semua permainan 2D, sebagai fleksibel pada namanya. Non-trimatra pendekatan Ensure FIFE game dapat berjalan di hardware kurang kuat, dan juga menyederhanakan kerangka pemrograman dan pembuatan konten.

Homepage: http://fifengine.net/
Jenis: isometrik Game Engine
plateform: Windows, Linux, Mac OS X.
Diperlukan tingkat: Menengah
   

Permainan Blender
Blender Game Engine adalah komponen yang terkemuka open source 3D App: Blender, yang komprehensif produksi suite 3D bebas dan open source, yang digunakan untuk membuat konten interaktif real-time. Mesin permainan ditulis dari awal dalam C + + sebagai komponen sebagian besar independen, dan termasuk dukungan untuk fitur seperti Python scripting dan OpenAL suara 3D.
Ini menggunakan sistem grafis "logika batu bata" (kombinasi dari "sensor", "controller" dan "aktuator") untuk mengontrol pergerakan dan menampilkan objek dalam mesin. Mesin permainan juga dapat diperluas melalui set binding Python.

Homepage: http://www.blender.org/
Jenis: 3D alat dev permainan
plateform: Windows, Linux, Mac OS X.
Diperlukan tingkat: Lanjutan
   

ID TECH 4
ID TECH 4 Mesin SDK telah dirilis pada bulan oktober 2011. Ini adalah mesin 3D dari ID Software menjalankan blockbuster, Doom3, Quake4, memangsa itu kode sumber terbuka. Banyak ringan tersedia untuk membuat game dengan mesin ini.

http://www.iddevnet.com/

GtkRadiant
The Radiant keluarga alat desain tingkat pada awalnya dikembangkan oleh id Software. GtkRadiant ini didukung oleh Gtk + toolkit dan dikelola oleh id Software dan komunitas sukarelawan, dirilis di bawah lisensi GPL. Situs ini difokuskan pada cabang GtkRadiant editor tingkat.
Ada satu garpu menonjol, DarkRadiant, Sebuah editor tingkat open-source untuk Doom 3 dan The Dark Mod yang dioptimalkan secara khusus untuk id Tek mesin 4. Ini pada awalnya diciptakan untuk kebutuhan Doom 3 mod disebut The Dark Mod.
ZeroRadiant (atau GTKRadiant 1.6.0) adalah versi mendatang dari editor tingkat GTKRadiant berdasarkan 1.4.0 arsitektur dan desain. Hal ini sedang dalam pengembangan untuk id baru permainan proyek. Ini akan digunakan untuk membuat peta untuk sejumlah permainan komputer. Hal ini dikelola oleh id Software bersama dengan sejumlah relawan.

Homepage: http://darkradiant.sourceforge.net/
Jenis: 3D alat dev permainan
plateform: Windows, MacOS, Linux
Diperlukan tingkat: Lanjutan
   

Irrlicht
Engine Irrlicht merupakan sumber tinggi performa mesin 3D realtime terbuka tertulis dan dapat digunakan dalam C + + dan juga tersedia untuk bahasa NET.. Ia benar-benar cross-platform, menggunakan D3D, OpenGL dan software renderer sendiri, dan memiliki semua fitur state-of-the-art yang dapat ditemukan di mesin 3d komersial.
Irrlicht mendukung render 3D via OpenGL, DirectX 8 dan 9, OpenGL ES, dan rasterizers perangkat lunak internal. Penyaji eksternal dan sistem windowing plug in melalui antarmuka yang sederhana, sehingga menimbulkan masyarakat buatan SDL, iPhone dan perangkat SymbianOS. Mesin ini dilengkapi dengan sebuah perpustakaan penyaji materi standar, yang memungkinkan bahan mundur di mana perangkat keras pengguna tidak dapat menangani teknik-teknik canggih. Bahan baru dapat ditambahkan ke mesin pada saat run-time, yang memungkinkan pengguna untuk menulis sendiri sesuai kebutuhan. Selain bahan warisan fixed-fungsi pipa, Pixel diprogram dan Shaders Vertex (1.1 sampai 3.0 dan 4.0 menggunakan GLSL), ARB Fragment dan Program Vertex, HLSL dan GLSL bahan yang didukung.

Irrlicht dirancang untuk dapat memuat dan menyimpan adegan saat ini ke file XML, hal ini dikombinasikan dengan model lisensi open source mesin telah menarik berbagai programmer dan pengembang untuk membuat editor dunia untuk Irrlicht untuk menyederhanakan proses penciptaan dunia.

Homepage: http://irrlicht.sourceforge.net/
Jenis: 3D alat dev permainan
plateform: cross-platform
Tingkat yang diperlukan: Pemula
   

JMonkey Mesin
Mudah: Ini mesin permainan gratis, dibuat khusus untuk developer game yang ingin membuat game 3D dengan standar teknologi modern. Perangkat lunak ini diprogram seluruhnya di Jawa, ditujukan untuk aksesibilitas yang luas dan penyebaran cepat. JMonkeyEngine adalah komunitas-sentris proyek open source dirilis di bawah lisensi BSD. Hal ini digunakan oleh beberapa studio game komersial dan lembaga pendidikan. Default JMonkeyEngine 3 Upload datang langsung terintegrasi dengan SDK canggih.
JMonkeyEngine 3 dibundel dengan perangkat lunak yang lengkap development kit. Pengguna pemula tidak harus berpikir dua kali tentang cara mengatur lingkungan pengembangan mereka sendiri. Yang mengatakan, SDK datang dengan seperti kelimpahan alat alur kerja JME-spesifik yang kami sarankan bahkan untuk pengguna yang sangat maju.

Homepage: http://jmonkeyengine.org/
Jenis: 3D alat dev permainan
plateform: Cross-platform
Tingkat yang diperlukan: Pemula
   

Panda3D
Panda3D adalah mesin permainan, kerangka kerja untuk 3D rendering dan pengembangan game untuk Python dan C + + program. Panda3D adalah Open Source dan bebas untuk tujuan apapun, termasuk usaha komersial, berkat lisensi liberal.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kemampuan Panda3D, kunjungi galeri dan daftar fitur. Untuk mempelajari cara menggunakan Panda3D, periksa sumber daya dokumentasi. Jika Anda terjebak, meminta bantuan dari komunitas kami, yang sangat aktif.
Panda3D adalah mesin grafik adegan. Ini berarti bahwa dunia maya pada awalnya ruang Cartesian kosong ke mana menyisipkan programmer permainan model 3D. Panda3D tidak membedakan antara "besar" model 3D, seperti model dari penjara seluruh atau pulau, dan "kecil" model 3D, seperti model meja atau pedang. Model besar maupun kecil yang dibuat dengan menggunakan program pemodelan standar seperti Blender, 3ds Max atau Maya, dimuat ke Panda3D, dan kemudian dimasukkan ke dalam ruang Cartesian.

Homepage: http://www.panda3d.org/
Jenis: 3D alat dev permainan
plateform: Windows, Linux, Mac OS X, FreeBSD
Diperlukan tingkat: Menengah
   

PIXELLIGHT
PixelLight adalah kerangka kerja open source gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi 3D dengan mudah. Sebagai perpustakaan cross-platform itu dirancang untuk membuat aplikasi desktop untuk beberapa platform. Karena itu desain modular, sangat cocok tidak hanya untuk game, tetapi untuk setiap jenis aplikasi 3D seperti misalnya presentasi produk atau simulasi.
Desain berfokus pada modularitas dan fleksibilitas yang tinggi untuk pengembang aplikasi dan desainer konten. Ini terdiri dari satu set besar perpustakaan dan alat-alat yang menyediakan berbagai macam komponen untuk menghasilkan keadaan seni aplikasi realtime dan produk multimedia.

Homepage: http://www.pixellight.org/
Jenis: Kerangka 3D
plateform: Windows, Linux
Tingkat yang diperlukan: Pemula
   

Proyek Musim Semi
Musim semi adalah gratis, open source, sepenuhnya 3D, strategi mesin game real-time. Awalnya dirancang untuk menjalankan konten dari Total Annihilation. Sejak itu hari-hari awal, mesin telah matang secara signifikan. Sementara mempertahankan beberapa dukungan untuk unit di TA format, game untuk musim semi mesin sekarang dapat dikembangkan dengan menggunakan teknologi yang lebih modern. Menggunakan bahasa scripting Lua untuk memungkinkan segala sesuatu dari memperpanjang GUI dan gameplay ke Unit Animation, memungkinkan unit yang akan dibuat dalam format 3D model modern dan kerangka AI extensible semua sementara memiliki model lisensi terbuka (GNU GPL), Spring Engine adalah pilihan yang sangat baik untuk setiap RTS Game Developer.

Homepage: http://springrts.com/
Jenis: 3D RTS alat dev
plateform: Windows
Diperlukan tingkat: Menengah
   

UNREAL PENGEMBANGAN KIT
UDK adalah gratis untuk penggunaan non-komersial. Unreal Engine 3 menawarkan lingkungan pengeditan terintegrasi melalui Unreal Editor terkenal. Semua alat kunci mesin dapat diakses melalui UnrealEd. Editor itu sendiri sebenarnya merupakan seperangkat alat yang dirancang untuk mewujudkan konten Anda secepat dan semudah mungkin. Sebagai contoh, Anda dapat menguji gameplay dalam satu jendela saat Anda mengedit konten dalam.
UDK memiliki warna 64-bit HDR rendering pipeline. Gamma-benar, warna linear ruang penyaji memberikan presisi warna rapi sementara mendukung berbagai efek post-processing seperti motion blur, kedalaman lapangan, mekar, ambien oklusi dan bahan artis-didefinisikan.

Homepage: http://www.udk.com/
Jenis: mesin permainan 3D
plateform: Windows
Diperlukan tingkat: Menengah
   

KESATUAN
Persatuan adalah sebuah lingkungan pengembangan terintegrasi dengan hirarkis, editing visual, inspektur properti rinci dan permainan live preview. Persatuan terdiri dari kedua editor untuk mengembangkan / merancang konten dan mesin game untuk mengeksekusi product.There final dua lisensi utama: Persatuan dan Kesatuan Pro, dengan versi Pro yang tersedia untuk harga dan versi non Pro menjadi free.The Versi gratis, menampilkan splash screen (dalam permainan standalone) dan watermark (dalam web games) yang tidak dapat disesuaikan atau dinonaktifkan. Persatuan adalah alat pengembangan game 3D yang sangat kuat yang dapat menghasilkan hasil yang menakjubkan di tangan yang tepat.

Homepage: http://unity3d.com/
Jenis: 3D alat dev permainan
plateform: Windows, Mac OS X
Tingkat yang diperlukan: Pemula
More aboutfree engine games ..

sofware editor suara untuk games

Diposting olehcoolliner

ok kembali kita bahas  satu lagi material yang penting dalam pembuatan games yaitu suara  sebuah games takan menarik tampa didukung oleh latar suara yang manarik ,,, seperti halnya suara peluru ,,, efek efek yang diperlukan untuk mengisi suara dalam pembuatan games ..dan banyak lagi ,,,salah satunya sofware tersebuat adalah sfxr ... free sofware  yang powerful  ,,,yang diguanakan untuk menciptakan efex efex games ,,, seperti suara peluru  ledakan dll..



sfxr-1.2.0.zip ..   download 

selamaat mencoba by .. coolliner

More aboutsofware editor suara untuk games

sofware gratis untuk Object 3D pada pembuatan games

Diposting olehcoolliner

pada kesempatan ini saya akan memahas tentang anim8or  yaitu program pembuat object  3 dimensi yang simple tapi powerful dalam membuat berbagi object 3 dimensi ,,yang hasilnya bisa kita gunakan pada pembuatan game  mengunakan  game engine unity3d ..




untuk post yg akan datang saya akan membahas tutorialnya ,,, dan implementasi pada pembuatan games yang akan kita bahas secara mendalam pada kesempatan yang lain ,,, selamat mencoba by coolliner,, :)
More aboutsofware gratis untuk Object 3D pada pembuatan games

Diposting olehcoolliner on Kamis, 21 Februari 2013



DALAM PEMBUATAN GAME 

hal yg perlu kita perhatikan adalah engine nya ( sofware pembuat game itu ) sebenarnya banyak sekali engine game diluar sana ,,, tapi pada kesempatan ini  pilihan saya ada pada unity 
selain bagus juga sya rasa mudah dalam pengunaan nya  karena diddukung oleh berbagai  pasilitas  yang mamadai untuk pembuatan game ... sederhana maupun komplex sekalipun ,,, dengan dukungan pasilitas tersebut jadi saya saran kan anda mulai beralih ke unity ,,, jika anda tertarik dalam pembuatan game anda langsung unduh





Mungkin bagi anda yang belum familiar dengan Unity akan sedikit susah untuk mengerti cara menggunakan game enggine ini. Jadi sebelum anda menjadi seorang developer game yang hebat, ada baiknya anda membaca sedikit artikel ini agar anda tahu cara menggunakan Unity. Dibawah ini adalah poin-poin penting yang sangat mendasar tentang  bagaimana cara menggunakan software Unity ini.
1. Membuat Project Baru
Inilah hal yang paling mendasar dan biasanya adalah hal yang paling mudah ketika anda belajar untuk menggunakan suatu software. Jika anda tidak tahu cara membuat project maka mustahil project anda akan jadi. Dan berikut adalah cara membuat project baru pada Unity.
Klik File -> New Project
Maka akan muncul window Unity Project Wizard. Pada window itu anda akan diminta memasukkan lokasi dimana project anda, dan Package apa saja yang anda butuhkan pada project anda. Jika anda ragu untuk memilih Package yang akan diimport, maka lebih baik anda tidak mengimport package sama sekali.
Setelah anda selesai menentukan lokasi dan memilih Package kemudian klik Create. Tunggu bebeapa saat maka project baru akan dibuat.Lihat gambar di bawah
2. Mengganti Platform dan Konfigurasinya
Setelah project baru dibuat maka langkah selanjutnya adalah mengatur platform dari project anda, apakah untuk Windows, Mac, Android, iOS, dsb. Untuk mengatur platform, klik File -> Build Settings
Setelah anda klik maka Window Build Settings akan muncul. Pada window itu anda akan diberi pilihan platfrom yang dapat anda gunakan. Untuk Unity versi free, platform yang tersedia hanya Web Player dan PC/Mac Standalone. Setelah anda menentukan platform anda, klik Switch Platform.
Anda juga dapat melakukan konfigurasi dari Platform dengan mengklik Player Settings. Konfigurasi akan ditampilkan pada Window Inspector
3. Setting Kualitas Grafik
Langkah selanjutnya adalah konfigurasi grafik. Lakukan dengan bijak konfigurasi ini. semakin baik kualitas grafik maka akan semakin memperburuk performa. Untuk mensetting kualitas grafik anda dapat masuk Edit -> Project Setting -> Quality. Lihatlah pada window Inspector untuk mengkonfigurasi. Disini anda dapat melakukan setting project dari berbagai platform.
4. Tentang Window
Seperti kebanyakan software lainnya, Unity terdiri dari window-window, dimana setiap window memiliki fungsi masing-masing. Anda dapat menampilkan, menyembunyikan, merubah ukuran, dan mengatur tata letak dari window. Window dapat anda munculkan dengan klik Window -> Pilih Window yang akan dimunculkan.
Berikut adalah window yang paling penting dan paling sering digunakan menurt pengalaman saya dalam menggunakan Unity :
Window Scene
Merupakan window untuk mengatur tata letak dari suatu object dalam game. Misal anda dapat mengatur letak kamera, terrain, atau object lain dalam window ini. Anda dapat memasukkan Object dengan melakukan drag drop dari window Project ke dalam Window ini.
Window Game
Merupakan window simulasi game ketika game dijalankan. Window ini banyak berfungsi pada proses debugging ketika anda menjalankan game anda.
Window Inspector
Seperti layaknya window Properties pada kebanyakan aplikasi seperti VB dsb. Pada window ini disediakan berbagai pengaturan. Isi dari window ini dapat berubah ubah ketika anda mengklik object yang berbeda.
Window Hierarchi
Berhubungan dengan window Scene. Apa yang ada dalam window Scene akan ditampilkan secara list di window ini.
Window Project
Pada window ini terdapat hirarki dari folder-folder asset yang anda miliki. Asset dapat anda gunakan dengan melakukan drag drop ke window scene
Window Animation
Pada window ini anda dapat membuat animasi sederhana untuk game anda, misal animasi rotasi untuk membuka pintu, animasi translasi untuk menggerakkan jendela, dsb. untuk animasi yang rumit tidak dapat anda lakukan disini, akan tetapi pada software modelling anda, misal blender, 3dsmax, dsb.
5. Apa itu Scene?
Sedikit susah untuk menjelaskan apa itu scene. Lebih baik saya langsung memberikan contoh. Scene dapat dianalogikan sebagai level permainan, meskipun tidak selamanya scene adalah level permainan. Misal, level1 anda letakkan pada scene1, level2 pada scene2, dst. Namun scene tidak selamanya berupa level, bisa jadi lebih dari satu level anda letakkan dalam satu scene. Game menu biasanya juga diletakkan pada satu scene tersendiri.  Suatu scene dapat berisi beberapa  GameObject. Antara satu scene dengan scene lainnya bisa memiliki GameObject yang berbeda. Scene diatur pada window scene dan hierarchy. Scene dapat anda simpan dengan klik file -> save scene.
6. Mengenal Asset dan Package
Sebenarnya saya sendiri kurang mengerti apa perbedaan Asset dan Package. Dari yang saya pahami Asset dan Package adalah mirip, suatu asset dapat terdiri dari beberapa package. Mungkin jika salah bisa anda comment di bawah. Yang jelas, asset atau package adalah sekumpulan object yang disimpan. Object dapat berupa GameObject, terrain, dsb. Dengan adanya asset/package anda tidak perlu susah-susah membuat object lagi jika anda telah membuatnya sebelumnya. Anda dapat mengimport nya dari project lama anda.
Sebuah ilustrasi, pada project lama anda telah membuat object tank lengkap dengan AI, control, missile, dan ledakan. Kemudian anda akan membuat project baru yang memerlukan object tank yang pernah anda buat sebelumnya. Maka anda tidak perlu repot-repot membuatnya dari awal. Cukup buka project lama anda, lihat window project, carilah object mana yang akan anda gunakan. Kemudian klik kanan -> Export Package. Package akan disimpan dalam format .unitypackage. Kemudian anda dapat membuka project baru dan mengimport packagenya dengan klik Assets -> Import Packake -> Custom Package.
Anda juga dapat berbelanja berbagai macam package yang anda butuhkan di unity assets store. Bukalah Window -> Asset Store.
7. Menambahkan Object ke dalam scene
 Untuk menambah object anda dapat mengklik GameObject -> Pilih yang anda inginkan. Anda dapat juga menambahkan Object dalam scene dari asset yang anda miliki. Anda juga dapat membuat berbagai object 3D anda sendiri beserta animasinya dengan software lain, misal blender, 3dsmax, dsb. Untuk mengimportnya dapat anda lakukan drag drop dari file 3D ke dalam window Project. Unity mensuport berbagai format 3D antara lain .fbx, .blend, .max, .3ds, dsb. Keseluruhan object tersebut secara otomatis akan dijadikan object .fbx oleh unity dan akan diletakkan pada window project.
8. Apa itu Component?
 Jika anda telah mengimport object dan meletakkan pada scene, apa yang dapat dilakukan object tersebut selain diam? Disinilah component berperan, dengan menggunakan component anda dapat menambahkan perilaku dari object, misalkan gravity, collider, cloth, controller, dsb. Component sebenarnya adalah sekumpulan script. Anda juga dapat membuat script anda sendiri dengan menggunakan C#, javascript, atau booscript. Untuk menambahkan component cukup klik object anda dalam scene -> klik component -> pilih yang akan anda gunakan. Jika anda memiliki script anda sendiri, anda dapat melakukan drag drop script anda dari window project ke object anda di window scene atau hierarchy.
9. Build Project
Inilah yang ditunggu tunggu setelah anda membuat project anda. Untuk melakukan build dapat anda klik File -> Build and Run.
Berhubung saya sudah capek maka saya sudahi saja arikel kali ini, semoga bermanfaat bagi anda yang baru belajar engine ini. Maaf kalau artikelnya kepanjangan. Silahkan comment jika anda kurang paham atau ingin request artikel lainnya. Keep spirit dan terima kasih sudah membaca…. ^^
More about